01/02/12

AS : India Perkuat Diri Hadapi China

James Clapper
Pejabat intelijen Amerika Serikat (AS) menilai, India tampak khawatir dengan peningkatan kekuatan militer China. India pun tampak memperkuat dirinya guna mewaspadai adanya konflik dengan China.

"Kami menilai, India semakin khawatir dengan penguatan postur militer dan sikap agresif China di Samudera India serta wilayah Asia Pasifik," ujar pejabat intelijen AS James Clapper, seperti dikutip PTI, Rabu (1/2/2012).

"Pasukan India yakin, konflik China dan India bukanlah suatu hal yang akan terjadi dalam waktu dekat ini. Namun pasukan India kerap meningkatkan kemampuannya untuk menghadapi konfrontasi militer dengan China," imbuhnya.

Clapper menjelaskan, India pun berharap besar dengan adanya dukungan militer AS di wilayah Asia Timur. Meski demikian, China pun menegaskan, negaranya tidak akan membuat ketegangan hubungan di wilayah Asia.

China juga menginginkan hubungan yang baik dengan negara-negara tetangganya dan seluruh negara di dunia ini. Namun China tentunya akan mengambil tindakan bila kedaulatannya mulai terancam.

Menurut Clapper, tahun 2011 adalah tahun di mana China tampil sebagai sebuah negara yang agresif dalam mencetuskan kebijakan luar negerinya, dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

Hingga saat ini, militer China pun didukung untuk terus berkembang. Mereka menerima bantuan dana dan juga dukungan politik dari Pemerintah China agar melakukan modernisasi. China juga ingin militernya tampil dengan kekuatan yang besar di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar