01/02/12

14 Negara Akan Berlatih Militer dengan India

Demi memperkuat hubungan kerja sama antara negara-negara di dunia ini, Angkatan Laut (AL) India akan menggelar latihan militer dengan 14 mitranya yang ada di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik di Andaman dan Pulau Nikobar, India.

Latihan yang disebut Milan ini akan berlangsung selama lima hari yang dimulai pada Rabu (1/2/2012). Beberapa program dari latihan militer itu juga ditujukan untuk melatih kebersamaan dalam mengatasi bencana alam seperti halnya tsunami dan lainnya. Meski demikian, fokus utama dari latihan militer itu adalah memerangi terorisme, perompakan, dan juga operasi penyelamatan.

Selain India, negara-negara yang akan bergabung antara lain adalah, Indonesia, Myanmar, Brunei Darussalam, Malaysia, Vietnam, Thailand, Singapura, Sri Lanka, Bangladesh, Maladewa, Australia, Seychelles, dan Mauritius. Demikian seperti diberitakan Times of India, Selasa (31/1/2012).

Salah satu wilayah perairan yang dinilai sangat penting untuk dilindungi adalah Selat Malaka. Wilayah itu menjadi arus lalu lintas perdagangan, namun rawan akan perompakan. Oleh karena itulah latihan militer gabungan ini digelar.

Latihan Milan pertama digelar pada 1995 silam, dan diselenggarakan secara rutin setiap dua tahun. Namun, India tidak menggelar latihan itu pada 2011 dan 2005. Latihan tersebut juga akan melibatkan sejumlah kapal perang dari negara-negara yang berpartisipasi.

0 komentar:

Posting Komentar