Kalangan perbankan harus membuka diri untuk membantu pembiayaan reparasi kapal. Perbankan tidak perlu ragu karena bisnis reparasi kapal adalah sangat menjanjikan karena peluangnya sangat besar. Dana yang akan digelontorkan perbankan mendanai servis kapal pasti kembali.
Finlandia berkeinginan untuk membina hubungan dengan Indonesia dalam mengembangkan industri perkapalan karena Indonesia dipandang sebagai negara kepulauan pantas dikembangkan industri perkapalan.
Firlandia terkenal sebagai pembuat kapal wisata yang aman dan nyaman dengan mesin kapal buatan mereka yang sudah masuk kelas dunia.
Finlandia berkeinginan untuk membina hubungan dengan Indonesia dalam mengembangkan industri perkapalan karena Indonesia dipandang sebagai negara kepulauan pantas dikembangkan industri perkapalan.
Firlandia terkenal sebagai pembuat kapal wisata yang aman dan nyaman dengan mesin kapal buatan mereka yang sudah masuk kelas dunia.
Kita juga dapat belajar dari Firlandia mengelola sungai atau danau dan menjadikannya sebagai alat transportasi. Sungai akan kita jadikan sebagai sumber devisa dan tidak hanya sekedar tempat membuang sampah.
Di Firlandia, sungai dan danau dirawat begitu indah menjadi alat transportasi dan menjadi sarana wisata yang bisa mendatangkan devisa.
Di Firlandia, sungai dan danau dirawat begitu indah menjadi alat transportasi dan menjadi sarana wisata yang bisa mendatangkan devisa.
Usaha servis kapal di dalam negeri keadaannya sangat memprihatinkan sebab sering terhambat modal memberi suku cadang kapal. Akibatnya, kapal-kapal yang ada di Indonesia kebanyakan servis atau naik dok di luar negeri yang modalnya lebih siap sehingga pihak perbankan diharapkan membuka diri untuk membiaya servis kapal di dalam negeri. Caranya, perbankan bekerjasama dengan pemilik kapal dan perbankan segera mengucurkan dana langsung kepada dok kapal agar perushaan dok kapal bisa membeli semua suku cadang. Nanti pemilik kapal akan mengembalikan pinjaman itu kepada pihak bank melalui cicilan